Home / Editorial / 6 Hal Yang Harus Dilakukan Nadella Untuk Menyelamatkan OS Windows

6 Hal Yang Harus Dilakukan Nadella Untuk Menyelamatkan OS Windows

Microsoft baru saja mengangkat Satya Nadella sebagai CEO baru mereka. Di posisi barunya tersebut Nadella harus mampu menghadapi berbagai permasalahan pelik yang dihadapi Microsoft saat ini, salah satunya adalah OS Windows andalan mereka. Walaupun masih menguasai mayoritas pengguna PC, namun Windows 8/8.1 terbaru yang dimilikinya tidak begitu disukai konsumen sehingga penjualan PC menjadi menurun belakangan ini.

Microsoft baru saja mengangkat Satya Nadella sebagai CEO baru mereka 6 Hal Yang Harus Dilakukan Nadella Untuk Menyelamatkan OS Windows

Selain itu, di pasar tablet dan smartphone Microsoft juga masih belum mampu menyaingi kedigdayaan Android dan iOS. Walaupun pertumbuhan Windows Phone mengalami sedikit peningkatan, namun tetap saja masih sangat jauh jika dibandingkan dengan sistem operasi buatan Google dan Apple tersebut. Maka dari itu, berikut adalah 6 hal yang harus dilakukan Nadella agar Microsoft bisa kembali disegani di peta persaingan.

1. Merilis OS Windows 9

Nasib Windows 8 tampaknya akan seperti Windows Vista. OS Windows 8 tidak disukai oleh konsumen karena dianggap tidak bersahabat untuk keyboard dan mouse. Walaupun Windows 8.1 sudah diluncurkan, tetap saja para konsumen lebih suka menggunakan Windows 7. Oleh karena itu, daripada membuat versi Windows 8.2, maka lebih baik Microsoft segera merilis Windows 9 karena citra Windows 8 sudah kadung buruk di mata konsumen. Tentunya, merombak total tampilan Windows 9 agar bisa memuaskan para penggunanya layaknya Windows 7.

2. Stop Windows RT

Windows RT merupakan salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan oleh Microsoft. Selama ini Windows hanya bisa berjalan di komputer dengan prosesor x86 yang biasanya dibuat oleh Intel dan AMD. Namun karena beberapa tahun belakangan ini populasi tablet dengan prosesor jenis ARM meningkat, maka Microsoft akhirnya membuat versi Windows khusus untuk ARM yaitu Windows RT.

Sebenarnya Windows RT memiliki tampilan dan fungsi yang serupa dengan Windows biasa, namun tidak bisa menjalankan aplikasi yang biasa digunakan pada OS Windows. Para konsumen pun kemudian lebih memilih tablet dengan Windows 8 daripada Windows RT. Oleh karena itu, menghentikan pengembangan Windows RT akan menjadi hal yang menguntungkan agar mereka bisa berfokus ke pengembangan sistem operasi yang lain.

Baca juga: Inilah Pilihan Tablet Windows 8 Terbaik Yang Ada Saat Ini

3. Membuat Office versi Windows 8

Sudah lebih dari satu setengah tahun sejak Windows 8 resmi diluncurkan, namun hingga saat ini belum ada aplikasi Microsoft Office khusus Windows 8. Karena Windows 8 sangat berfokus pada sistem layar sentuh, maka membuat aplikasi Office khusus untuk layar sentuh tentu saja menjadi sebuah kewajiban. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi para pengguna tablet Windows 8 ketimbang harus menggunakan Office versi reguler.

4. Jadikan Windows Phone Lebih Fleksibel

Walaupun Microsoft sudah melakukan berbagai macam usaha untuk mengembangkan Windows Phone, namun sistem operasi tersebut masih tetap berada jauh di bawah Android dan iOS. Salah satu masalah terbesar dari OS Windows Phone adalah pilihan kustomisasi yang terbatas. Para pengguna tidak bisa menginstal keyboard dari pihak ketiga, mengganti launcher, merubah tampilan, dan berbagai macam hal lain yang bisa dilakukan pengguna Android. Maka dari itu, Microsoft harus segera membuat Windows Phone lebih fleksibel bagi para penggunanya.

5. Membuat API tunggal untuk Windows dan Windows Phone

Saat ini tampilan dari Windows 8.1 dan Windows Phone memang serupa, namun keduanya masih menggunakan API yang berbeda. Hal ini tentu menyulitkan para pengembang untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat berjalan pada kedua sistem operasi tersebut secara sekaligus. Jika ingin lebih banyak pengembang yang membuat aplikasi untuk Windows Phone, maka Microsoft harus segera merilis API tunggal untuk kedua sistem operasi tersebut.

6. Mengajak Google untuk bekerjasama

Saat ini baik Windows 8 maupun Windows Phone masih kekurangan aplikasi, bahkan tidak ada satupun aplikasi Google yang ada di Windows store. Jika pengguna iPhone masih bisa menikmati aplikasi Google Maps, Gmail, Google Now, dan YouTube, maka tidak ada satupun dari aplikasi tersebut yang tersedia untuk pengguna Windows.

Oleh karena itu, Nadella harus mulai membujuk Google agar menyediakan berbagai aplikasi tersebut untuk OS Windows. Walaupun Microsoft tentunya ingin agar penggunanya menggunakan layanan buatan mereka seperti Bing search, namun masih sangat banyak orang yang lebih memilih menggunakan layanan Google ketimbang Microsoft hingga saat ini.

About admin