Home / Smartphone / Hati-Hati, Iniliah Merek Smartphone Replika Samsung S4 Dan Lainnya

Hati-Hati, Iniliah Merek Smartphone Replika Samsung S4 Dan Lainnya

Di saat sekarang ini rasanya kita sudah tidak asing lagi dengan smartphone replika, imitasi, KW, dan sejenisnya. Smartphone tersebut biasanya meniru desain ataupun spesifikasi dari smartphone yang sedang booming saat ini seperti Samsung Galaxy S4, HTC One, dan lainnya. Di satu sisi smartphone jenis ini sangat menguntungkan bagi orang yang ingin tampil gaya karena secara sekilas tidak akan tampak perbedaan dengan versi aslinya.

Di saat sekarang ini rasanya kita sudah tidak asing lagi dengan smartphone replika Hati-Hati, Iniliah Merek Smartphone Replika Samsung S4 Dan Lainnya

Namun di sisi lainnya, smartphone tersebut justru menjadi ladang baru untuk ajang penipuan. Ya, banyak konsumen yang tertipu karena mereka tidak mengetahui smartphone yang mereka beli tersebut ternyata hanya replika, padahal mereka sudah membayar sama seperti harga smartphone aslinya.

Oleh karena itu kali ini Carisinyal akan mengulas beberapa merek smartphone imitasi yang saat ini banyak tersebar di pasaran agar Anda tidak menjadi korban penipuan selanjutnya. Smartphone replika yang dibahas di sini tidak termasuk Galaxy S4 atau HTC One karena kedua smartphone tersebut sudah terlalu banyak merek imitasinya.

1. Star LT36H (Sony Xperia Z)

Star LT36H merupakan smartphone replika Sony Xperia Z yang dijual seharga Rp 1,7 jutaan. Smartphone ini mengusung layar IPS 5 inch 720p, prosesor MTK 6589 quad-core 1.2 GHz, RAM 1 GB, memori 4 GB, dual-SIM, kamera belakang 9.4 MP dan depan 8 MP, serta baterai sebesar 2500 mAh. Smartphone ini berjalan pada sistem operasi Android 4.2.1 Jelly Bean dan bisa mengakses Play Store. Sayangnya, walaupun sudah cukup serupa, namun smartphone ini tidak dapat meniru desain OmniBalance khas Sony dengan sempurna.

2. HDC Galaxys Note 3

Dari namanya sudah sangat jelas jika smartphone ini adalah imitasi dari salah satu phablet terbaik 2013 yaitu Samsung Galaxy Note 3. Perangkat ini dibekali layar IPS 5.7-inch 1080p, prosesor quad-core MTK 6589T 1.5GHz, 2GB RAM; memori 32GB; kamera belakang 13.3MP + depan 8MP; baterai  3200mAh; dan sistem operasi Android 4.3.1.

Sayangnya, phablet yang dijual seharga Rp 2,4 jutaan ini tidak dibekali dengan S-Pen stylus layaknya Galaxy Note 3. Namun lucunya, untuk menutupi kesalahan tersebut pihak perusahaan kemudian mengirimkan sebuah stylus ke rumah konsumen yang telah membeli phablet imitasi ini.

3. iPnoho 6 dan iPncne 7

Jika dua perusahaan di atas membuat smartphone replika berdasarkan smartphone asli yang sudah ada di pasaran, maka iPnoho 6 dan iPncne 7 membuat replika smartphone yang sama sekali belum ada di pasaran. Ya, kedua smartphone tersebut mencoba untuk ‘memprediksi’ perangkat iPhone 6 dan iPhone 7. Namun alih-alih terlihat futuristik, smartphone KW ini justru malah terlihat seperti sebuah remote AC.

4. HDC X (Moto X)

Karena Moto X belum diperjualbelikan di berbagai negara, maka perusahaan HDC mencoba untuk menyiasatinya dengan membuat smartphone imitasi HDC X. dengan harga Rp 2 jutaan, smartphone ini menawarkan layar 4.7-inch 720p; prosesor 1.2GHz quad-core MTK 6589; 1GB RAM; memori 4GB; kamera belakang 8MP + depan 2MP; baterai 2400mAh; dan OS Android 4.2. namun ingat, jangan sekali-kali mengharapkan fitur speech and contextual recognition khas Moto X akan hadir di smartphone ini.

5. Sinoteck H10 (BlackBerry Z10)

Tidak hanya smartphone Android dan iOS saja yang menjadi korban imitasi, namun BlackBerry Z10 juga menjadi sasarannya. Sayangnya, smartphone replika ini menyuguhkan spesifikasi yang sangat buruk seperti layar 4 inch dengan resolusi 320 x 480 piksel, prosesor MTK6515 1 GHz, serta RAM sebesar 256 MB.

Tidak cukup sampai di situ, Sinoteck H10 juga hanya menyuguguhkan kamera belakang 2 MP, kamera depan 0.3 MP, serta baterai 1800 mAh. Yang paling aneh, smartphone ini berjalan pada sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean padahal hanya memiliki memori internal sebesar 256 MB.

6. Sinoteck N1020 (Nokia Lumia 1020)

Masih dari produsen yang sama, smartphone abal-abal ini merupakan replika dari Nokia Lumia 1020 namun berjalan pada sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean. Spesifikasinya juga sangat jauh dari versi aslinya karena hanya mengusung layar 4,4 inch dengan resolusi 480 x 800 piksel, prosesor SpreadTrum SC6820 1GHz, serta RAM dan ROM 256 MB. Menariknya, smartphone ini justru dibekali baterai dengan kapasitas yang besar yaitu 2800 mAh.

Yang akan membuat Anda tidak bisa menahan tawa adalah desain dari smartphone replika ini. Ya, Sinoteck N1020 menghadirkan desain yang sama persis dengan Lumia 1020, termasuk kamera belakang bertuliskan PureView 41 MP. Lucunya, kamera belakang tersebut sebenarnya hanya memiliki resolusi 2 MP tanpa teknologi apapun. Untuk kamera depannya, smartphone ini juga hanya dibekali kamera 0.3 MP. Silahkan Anda tertawa sepuasnya.

About admin